Disclaimer

Materi yang disajikan adalah sebagai bahan edukasi, kami tidak menjamin 100% akurasi. Trading forex salah satu instrumen investasi yang berisiko tinggi, tanggung jawab atas hasil dari segala keputusan ada pada Anda sendiri.

Selasa, 04 Januari 2022

Trading Berdasarkan Sentimen Pasar



Sentimen Pasar adalah sikap kesepakatan bersama (konsensus) dari para pelaku pasar, untuk mengantisipasi pergerakan harga dalam suatu kondisi tertentu.

Sikap ini merupakan akumulasi dari berbagai faktor fundamental dan teknikal, termasuk di dalamnya pola pembentukan harga serta rilis data ekonomi ataupun berita global yang dianggap penting.

Sebagai seorang trader, sudah menjadi tugas Anda untuk mengetahui sentimen pasar. Anda tidak bisa mengatakan ke pasar apa yang Anda inginkan, tetapi Anda bisa bereaksi untuk menanggapi apa yang terjadi di pasar. Sentimen pasar merupakan suatu penggerak yang begitu kuat sehingga dapat mempengaruhi arah dan pergerakan pasar.

Indikator Untuk Mengukur Sentimen Pasar

Pada dasarnya, untuk seorang trader atau investor akan bisa mengukur sentimen pasar dengan menggunakan intuisi. Tentu bukan keputusan yang asal tebak, melainkan dari pengalaman yang lama dan pengamatan mendalam terhadap perilaku pasar.

Sebelum membuka perdagangan, sangat penting untuk menganalisis sentimen pasar saat ini. Sebagai contoh, perkirakan berapa jumlah trader yang memilih mempertahankan posisi long (Beli) dan posisi short (Jual) saat ini.

Dengan statistik seperti itu, Anda bisa menolak untuk membuka perdagangan yang pasti akan kalah atau sebaliknya, untuk mengkonfirmasi niat Anda dengan membuka perdagangan baru.


Belilah ketika lebih dari 60% trader di posisi short atau, sebaliknya, jual ketika sebagian dari mereka di posisi long. Ini merupakan logika paling umum dari analisis sentimen pasar.

Frekuensi Pembaruan

Indikator sentimen pasar diperbarui sekali setiap jam dengan pengaturan bawaan (by default), tetapi Anda bisa mengurangi interval menjadi setiap menit, jika perlu.

Anda juga bisa memperbarui data secara manual dengan mencentang “waktu” pada panel indikator.


Pengaturan Indikator


  • Show Symbol. Pilih salah satu dari opsi-opsi berikut:
            Current Symbol – pasangan mata uang ditentukan secara otomatis.
            Defined Symbol – menyediakan pasangan mata uang yang dibutuhkan di entri berikutnya.
  • Signal Ratio (1-49). Menentukan batas-batas di mana sinyal terbentuk, untuk indikator rasio beberapa posisi trader. Jika 40 dipilih, sinyal Beli akan muncul pada nilai 40 atau kurang; dan sinyal Jual akan muncul pada nilai 60 atau lebih.
  • Server Time Offset-Pilih zona waktu. Dengan pengaturan bawaan (by default), zona waktu akan ditentukan secara otomatis. Parameter ini hanya memengaruhi blok yang menunjukkan waktu pembaruan terakhir, tetapi tidak memengaruhi frekuensi pembaruan.
  • Color Scheme-Tersedia dua skema warna: latar belakang putih dan hitam. Dengan pengaturan bawaan (by default), skema warna akan ditentukan secara otomatis.
  • Indicator Position & Offset-Anda bisa mengganti pada sudut mana indikator diletakkan pada grafik, serta menetapkan ruang dari sudut ini.
  • Update Interval-Frekuensi di mana indikator akan meminta data dari server. Frekuensi bervariasi dari 5 sampai 60 menit.

Bagaimana menambahkan Indikator Sentiment.Lite pada MT4

  • Unduh indikator Sentiment.Lite klik disini
  • Copy file ke folder MQL4/indicators di terminal Anda;
  • Buka ulang terminal MT4;
  • Jalankan indikator dengan melakukan klik dobel nama indikator pada Navigator MT4;
  • Centang kotak “Allow Impor DLL” dan klik “OK“;
  • Indikator akan tampil pada grafik;



Sesuaikan pengaturan indikator menurut kebutuhan Anda: klik CTRL+I, pilih indikator dari daftar, dan beralihlah ke tab “Input“.

Jika Anda mengalami kesulitan saat menginstal indikator, silakan komen di bawah ini.

Tonton juga video tutorialnya disini: https://youtu.be/egZXX0vjbo4


Semoga bermanfaat
#tredingmudah | make trading so easy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar